Cara Merubah Rom Sony Docomo Ke Global Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas gadget sony xperia dimana agak berbeda dari sebelumnya kalau ponsel sony yang beredar di Indoesia kini bayak di penuhi ponsel import secara distributor dari jepang baik Docomo, Au, Shoftbank yang unlocked pastinya karena kalau versi lock artinya ponsel tersebut tidak akan bisa dipasang sim card provaider Indonesia seperti tri, telkomsel, xl, axis, smarfren, dan Indosat. Namun untuk sebagian orang rom bawan dari sony internasional jepang ini tidak seperti rom global sony xperia pada umumnya yang memiliki bahasa full inggris atau indonesia sesuai settingan, sehingga banyak yang mengeluh dengan bahasa jepang yang cukup aneh dimata orang luar jangankan membacanya melihat tulisanya juga sudah puyeng hehehe...

Maka dari itu pada kesempatan kali ini mimin mau membagikan tips cara upgrade atau flashing rom sony xperia docomo ke global version baik type xperia z series atau xperia xz series yang terbaru karena pada intinya prosesnya hampir sama yaitu mengganti rom dari jepang ke rom global dengan kode rom yang berbeda beda yang mesti agan fahami kesamaan versi antara code name jepang dan code name global pada ponsel sony. Tapi sebelum lanjut ketutorial cara ganti firmware sony docomo ke global ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari proses ini, agar agan yang hendak mengganti rom dari rom asli jepang ke rom global mempertimbangkan dengan matang matang.

Kelebihan Dan Kekurangan Upgrade Rom Jepang ke Global Sony Docomo.

Kelebihan Pindah Rom Global

Tampilan Lebih Nyaman
Kebanyakan mereka yang melakukan pergantian rom dari jepang ke global karena masalah tampilan ini yang cukup menganggu atau kurang terbiasa dengan tampilan romjepang yang banyak aplikasi yang tidak penting yang tidak ada pada ponsel sony pada umumnya (global) untuk itu tampilan sony global lebih nyaman dipake dari pada tampilan sony xperia docomi, Au, atau softbank.

Aplikasi Lebih Sedikit
kelebihan berikutnya adalah aplikasi bawaan pabrikan jepang lebih sedikit karenan blotware rom jepang seperti yang kita tahu sangat banyak sekali dan yang bikin kita mengganggu blotware berbahasa jepang yang secara umum kita tidak bisa memanfaatkanya karena dibacanya saja sudah tidak paham, dengan melakukan proses upgrade ke globa versi maka ponsel kita akan sama persis dengan ponsel sony global pada umumnya meski ada beberapa fitur yang tidak berfungsi yang akan kita bahas pada kelemana rom global ex jepang.

Kekurangan Pindah Rom Jepang Ke Global.

Fitur Fitur Tidak Berfungsi
Berpindah rom dari jepang ke global memang memiliki beberapa kelebihan seperti yang telah saya jelaskan diatas namun meskipun demikian ada hal hal yang mesti agan perhatikan karean proses ini akan mematikan fitur fitur tertentu yang tadinya berjalan pada rom jepang setelah migrasi ke rom global fitur tersebut jadi tidak berfungsi salah satunya yang paling sering terjadi adalah NFC tidak bisa digunakan pada fitur global jadi bagi agan yang suka memanfaatkan fitur NFC untuk sehari hari sebaiknya jangan update ke rom Global.

Settingan APN Internet Manual
Satu lagi hal yang menjadi minus kalau kita ganti rom global adalah ponsel sony xperia kita tidak bisa otomatis menyalakan internet pada saat ponsel direset pabrik, berbeda dengan ponsel sony global secara resmi ketika dimasukan simcard suka langsung otomatis detek sinyal dan bisa diaktifkan internet tanpa harus setting APN manual.

Proses Flashing Rom Sony Docomo Ke Global

  1. Pertama pastikan dulu type yang mau diganti rom global apakah itu sony xperia Z series (Z, Z1,Z2,Z3,) ony xperia Z Compact Series, atau sony xperia XZ,XZS dan lain lain
  2. Pastikan Download rom yang cocok ya jangan sampai salah download
  3. Download juga Driver sony dan tool flashingnya yaitu flashtool sony
  4. Buka Flashtool cari tanda petir dan klik
  5. Pilih Flash mode
  6. Kemudian arahkan pada rom ftf hasil downloadan yang sudah disesuaikan dengan type ponsel agan
  7. Lalu klik mulai atau start
  8. Tunggu hingga aplikasi flashtool menampilkan perintah untuk memasukan ponsel 
  9. Matikan dulu ponsel sony sambil nungguk muncul notifikasi
  10. kalau sudah muncul notifikasi perintah masukan ponsel iktu sesuai perintah
  11. Yaitu dalam keadaan mati tahan volume bawah+colokin ponsel kekomputer dengan kabel data.
  12. Tunggu proses sampai ada tulisan complete pada log falshtool lempas kabel dan tahan tombol power 
  13. Kalu sudah nyala silahkan tunggu ponsel anda sudah selesai diflashing tinggal menunggu booting biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 5 menitan.
  14. Selesai.


Itulah tutorial cara ganti rom jepang ke rom global ponsel sony xperia docomo, au atau softbank yang bisa diterapkan pada semua type sony xperia docomo