Cara Pasang TWRP Realme 2 Pro Dengan Fastboot Mode

Met Pagi semuanya mimin pada kesempatan kali ini akan share lagi tips yang ringan ringan saja yaitu cara pasang TWRP Realme 2 Pro menggunakan PC (perangkat Komputer) kenapa harus pasang TWRP mungkin hal ini akan beragam jawabnya tergantung dari kebutuhan masing masing user realme 2 pro yang menggunakan twrp recovery sebagai pengganti recovery official realme 2 pada umumnya.

Untuk pemasangan realme 2 pro ini ponsel agan harus memenuhai beberapa syarat utama yaitu UBL dan Rooting realme 2 pro dan untuk kedua syarat diatas sudah admin bahas pada postingan sebelumnya yang bisa gan cek pada arsip postingan diblog ini, sebelum kita lanjut tutorial pasang twrp realme 2 pro berikut akan kita bahas sedikit dari fungsi dan manfaat TWRP untuk realme 2 pro yang bisa agan dapatkan hanya dengan twrp recovery.

Kelebihan TWRP Recovery Realme 2 Pro.
kenapa mesti pasang twrp recovery pada ponsel realme? mungkin beragam alasan yang banyak bermunculan sehingga saya akan mencoba memberikan beberapa alasan orang orang yang ingin mengupdate recovery ori/official ke recovery custom (twrp) diantaranya :

Flashing Custom Rom/Official Rom
hal yang pertama yang bisa dimanfaatkan dari twrp recovery ini adalah dengan adanya fitur instal zip yang bisa kita gunakan untuk mengupdate atau menginstal ulang ponsel dengan custom rom seperti lineage, pixel rom, aosp rom, cyanogenMod rom, Miui Rom dan lain lain yang hanya agan bisa pasang dengan bantuan TWRP recovery.

  • Backup/Restor Rom

kedua yang menarik dari twrp ini nanti pada menu twrp agan akan disuguhkan sebuah menu backup dan restore rom dimana nanti posnel kita sebelum melakukan oprek operk system bisa dibackup dulu untuk jaga jaga bila terjadi error akan mudah untuk mengembalikan ke posisi semula sebelum di modifikasi dengan cara di restore kembali.

  • Flashing Google Aplikasi (Gapp)

Sama halnya dengan flashing rom untuk flashing google aplikasi ini juga harus menggunakan twrp recovery dimana hampir semua custom rom ini tidak disertai dengang google apliasi artinya jika kita pasang custom rom saja tanpa pasang gapp nanti ponsel kita tidak akan ada menu google seperti playstore, google kontak, google map dan lain sebagainya. Maka untuk dapat memasang Google App ini kita membutuhkan file TWRP.

  • Instal Moding Zip

Twrp ini juga bisa dijadikan alat untuk modifikasi system baik aplikasi atau apapun jenis modifikasi yang berbentuk zip bisa di instal lewat twrp.

  • Reboot System, Reboot Recovery, Reboot Fastboot Dan Reboot ADB Sideload

menu selanjutnya pada twrp recovery adalah dengan adanya fitur menu reboot yang cukup komplit dari mulai menu reboot recovery untuk ponsel nyala ulang ke mode recovery, menu reboot system untuk ponsek kembali ke posisi nyala biasa, reboot fastboot ponsel reboot kepada posisi fastboot dan reboot to adb sideload ponsel akan masuk kedalam menu sideload dimana menu ini adalah bisa dimanfaatkan untuk melakukan instal rom lewat menu adb sideload.

Cara Pasang TWRP Realme 2 Pro

  1. Pertama download file twrp khusus untuk realme 2 pro pada google drive
  2. Download juga driver realme 2 pro dan pasang pada komputer 
  3. Download adb fastboot ektrak dan simpan pada komputer
  4. Ektrak twrp recovery dan simpan pada folder hasil ektrak/instalan adb fastboot
  5. Masuk mode fastboot realme 2 pro (caranya aktifkan usb debugging pada ponsel, lalu sambungkan ponsel ke komputer dan ketikan perintah pada adb fastboot dikomputer perintah berikut ini: adb reboot bootloader
  6. Maka setelah ponsel masuk kepada mode fastboot buka lagi adb fastboot di pc kemudian ketikan lagi perintah : fastboot flash recovery namatwrp.img (untuk namatwrp.img sesuaikan dengan nama twrp yang hasil ektrakan yang disimpan pada folder adb fastboot).
  7. Selesai.


Demikianlah tutorial lengkap pasang twrp recovery untuk realme 2 pro secara sederhana menggunakan komputer dengan os windows 7 atau windows 10 tanpa harus takut bootloop selamat mencoba.